Garis Putus – Putus AutoCAD Tidak Terlihat di Layout

Share on:
Perintah PSLTSCALE AutoCAD

Artikel kali ini akan membahas cara mengatasi garis putus putus AutoCAD tidak terlihat di Layout.

Tidak terlihat di sini bukan berarti garisnya tidak terlihat, tapi garis yang harusnya putus-putus terlihat menjadi garis continuous. Hal ini merupakan masalah yang cukup sering di alami oleh pengguna AutoCAD.

Sebenarnya cara mengatasinya sangat mudah, tapi di artikel ini kita tidak hanya membahas cara mengatasinya saja. Nanti kita akan bahas juga penyebab kenapa masalah ini bisa terjadi.

Oke langsung saja kita masuk ke pembahasan pertama.

A. Garis Putus – Putus di AutoCAD Terlihat Seperti Garis Continuous

Garis putus-putus terlihat seperti garis continuous merupakan hal yang biasa terjadi di AutoCAD. Masalah ini bisa terjadi pada centerline, hidden line dan jenis garis lain ,- intinya jenis garis yang putus-putus.

Jika kita membuat gambar objek dengan ukuran besar (misal: gedung, rumah dll), bisanya garis putus-putus memiliki goresan-goresan yang sangat kecil sehingga terlihat seperti garis continuous.Tapi jika kita zoom-in, kita bisa melihat bahwa garis tersebut sebenarnya putus-putus.

Sebaliknya, jika kita membuat gambar benda dengan ukuran kecil (misalnya: part-part kecil di dalam printer), biasanya garis putus-putus terlihat seperti garis continuous, bahkan saat kita zoom sekalipun. Hal tersebut terjadi karena garis lebih pendek dari panjang goresan (pada skala garis saat itu).

Jika masalah ini terjadi di tab Model, solusinya adalah mengatur skala garis menggunakan perintah LTSCALE.

Tapi lain halnya jika ini terjadi di tab Layout.

B. Cara Mengatur Skala Garis AutoCAD di Tab Layout

Masalah skala garis juga sering kita alami saat setting layout di AutoCAD.

Contoh masalahnya seperti ini:

Kita sudah membuat gambar di tab Model, semuanya rapi tanpa ada masalah. Kemudian kita masukkan gambar ke dalam viewport di tab Layout, ternyata semua garisnya terlihat seperti garis continuous.

Biasanya masalah seperti itu terjadi saat kita menggunakan skala viewport yang terlalu kecil, misalnya 1:50.

Baca juga : Tips Belajar AutoCAD Untuk Pemula

Cara mengatasi masalah seperti contoh di atas adalah dengan mengatur skala garis pada tab Layout menggunakan perintah PSLTSCALE. Berikut ini urutan langkah-langkahnya:

  1. Ketik PSLTSCALE > Enter
  2. Enter new value for PSLTSCALE: ketik 0 > Enter
  3. Ketik REA > Enter

Note: Langkah ke-3 berfungsi untuk me-regenerasi ulang gambar pada layar kerja, supaya hasil perubahan bisa terlihat.

C. Penjelasan Perintah PSLTSCALE

Perintah PSLTSCALE berfungsi untuk mengatur skala garis di dalam viewport.

Saat kita mengaktifkan perintah PSLTSCALE, akan muncul perintah lanjutan “Enter new value for PSLTSCALE ” di baris perintah. Kita hanya bisa mengisi nilai PSLTSCALE dengan nilai 0 atau 1.

PSLTSCALE = 1

Pada settingan default, nilai PSLTSCALE = 1. Pada kondisi ini, skala garis gambar di dalam viewport akan mengikuti skala viewport. Jadi, panjang goresan pada garis putus-putus akan berubah-ubah mengikuti skala viewport. Saat skala viewport terlalu kecil, ada kemungkinan garis putus-putus terlihat seperti garis cotinuous.

PSLTSCALE = 0

Pada kondisi ini, skala garis gambar di dalam viewport tidak mengikuti skala viewport. Jadi jika viewport kita zoom-in atau zoom-out, panjang goresan garis putus-putus akan tetap konstan mengikuti nilai LTSCALE.

Note: kita bisa mengatur nilai PSLTSCALE yang berbeda-beda pada setiap Layout dalam satu dokumen AutoCAD.

Kurang lebih seperti itu cara mengatasi masalah skala garis pada tab Layout AutoCAD. Jika ada pertanyaan, silakan tulis di kolom komentar.

Untuk belajar AutoCAD dengan panduan video, silakan kunjungi Youtube channel Tukang Gambar.

Tinggalkan komentar

x