AutoCAD; Cara Mudah Membuat Cylinder

Share on:
Cara Membuat Cylinder di AutoCAD

Kali ini kita akan belajar cara mudah membuat objek berbentuk Cylinder di AutoCAD.

Sebenarnya ada banyak cara untuk membuat Cylinder, bisa dengan meng-extrude lingkaran atau me-revolve rectangle terhadap salah satu sisinya.

Tapi pada artikel ini, kita akan belajar cara membuat Cylinder menggunakan perintah Cylinder. Dengan cara ini, kita bisa langsung membuat Cylinder 3D hanya dengan satu perintah.

Nanti kita akan bahas perintah Cylinder mulai dari fungsi, cara mengaktifkan dan cara menggunakannya.

A. Fungsi Perintah Cylinder di AutoCAD

Sesuai dengan namanya, perintah Cylinder berfungsi untuk membuat objek berbentuk Cylinder atau tabung secara mudah dan cepat.

Seperti perintah lain di AutoCAD, perintah Cylinder juga memiliki beberapa opsi yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan. Opsi-opsi tersebut muncul di baris perintah saat perintah Cylinder aktif. Nanti kita juga akan bahas fungsi opsi-opsi tersebut satu-persatu.

B. Cara Mengaktifkan Perintah Cylinder

Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk mengaktifkan perintah Cylinder. Bisa dari Menu Bar, dari Ribbon Panel / Toolbar, dan bisa juga dari Baris Perintah.

Berikut masing-masing penjelasannya:

» Dari Menu Bar

Untuk mengaktifkan perintah Cylinder dari Menu Bar, caranya klik menu Draw > Modeling > Cylinder.

» Dari Ribbon Panel / Toolbar

Untuk mengaktifkan perintah Cylinder dari Ribbon Panel / Toolbar, caranya cukup cari dan klik icon perintah Cylinder icon-cylinder, maka perintah langsung aktif.

» Dari Baris Perintah

Untuk mengaktifkan perintah Cylinder dari baris perintah, caranya ketik CYL > Enter.

CYL adalah shortcut untuk mengaktifkan perintah Cylinder. Untuk mengetahui shortcut perintah-perintah yang lain, silakan baca “Daftar Shortcut Perintah AutoCAD“.

C. Cara Membuat Cylinder di AutoCAD

Saat membuat Cylinder, kita diminta untuk menentukan titik center dari dasar Cylinder, radius Cylinder dan nilai ketinggian Cylinder.

Jika kita buat list, urutan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Aktifkan perintah Cylinder
  2. Klik titik center untuk dasar Cylinder
  3. Ketik nilai radius Cylinder > Enter
  4. Ketik nilai ketinggian Cylinder > Enter

Note: Langkah ke-3 dan ke-4 juga bisa kita tentukan dengan cara klik langsung di layar kerja, tapi mungkin hasilnya akan tidak sesuai dengan nilai yang kita inginkan.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar di bawah ini:

Ilustrasi proses pembuatan Cylinder

Pada gambar di atas. titik 1 adalah titik center dari dasar cylinder. Jarak titik 1 terhadap titik 2 adalah nilai radius Cylider. Dan jarak dasar Cylinder terhadap titik 3 adalah nilai ketinggian Cylinder.

D. Following Prompts

Saat menjalankan perintah AutoCAD, kita akan melihat Following Prompts di baris perintah. Following Prompts berisi perintah lanjutan / panduan untuk menjalankan perintah dan juga beberapa opsi yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan dari perintah yang sedang kita jalankan.

Berikut ini penjelasan fungsi beberapa following prompts dari perintah Cylinder.

Cylinder Prompts
  • Specify center point of base, ini adalah perintah lanjutan yang meminta kita untuk menentukan titik center dari dasar cylinder

Jika kita tidak ingin membuat Cylinder dengan menentukan titik center, kita bisa memilih beberapa opsi lain yaitu 2P, 3P, Ttr dan Elliptical. Opsi-opsi tersebut berfungsi untuk membuat face dasar Cylinder.

  • 2P, adalah opsi untuk membuat lingkaran dasar Cylinder dengan menentukan dua titik. Jarak titik pertama dan titik kedua akan menjadi nilai diameter Cylinder.
  • 3P, adalah opsi untuk membuat lingkaran dasar Cylinder dengan menentukan tiga titik. Titik pertama, kedua dan ketiga akan saling terhubung membentuk garis perimeter lingkaran dasar Cylinder.
  • Ttr, adalah opsi untuk membuat lingkaran dasar Cylinder yang bersinggungan (tangent) dengan dua objek lain dan juga menentukan nilai radiusnya.
  • Elliptical, adalah opsi untuk membuat dasar Cylinder dengan bentuk Elips / Lonjong.

Note:

Sebenarnya 2P, 3P dan Ttr adalah metode pembuatan lingkaran. Pada perintah Cylinder, lingkaran tersebut langsung kita gunakan sebagai bentuk dasar Cylinder.

Jadi, jika kita memilih opsi-opsi tersebut, perintah lanjutan yang muncul akan sama dengan perintah yang muncul saat kita membuat lingkaran menggunakan metode 2P, 3P dan Ttr seperti yang sudah pernah saya jelaskan di artikel cara membuat lingkaran.

Following Prompts lain yang kita temui saat menjalankan perintah Cylinder adalah:

  • Specify base radius, ini adalah perintah lanjutan yang meminta kita untuk menentukan nilai radius lingaran dasar Cylinder.
    • Diameter, jika tidak ingin menginput nilai radius, kita bisa gunakan opsi Diameter, Opsi ini berfungsi untuk menentukan diameter lingkaran dasar Cylinder.
  • Specify height, ini adalah perintah lanjutan yang meminta kita untuk menentukan ketinggian Cylinder. Kita bisa ketik nilai ketinggian > Enter, atau klik langsung di layar kerja.
  • Center, opsi center muncul saat kita membuat Cylinder menggunakan metode Elliptical. Opsi ini berfungsi untuk menentukan titik center Elips.
  • 2 Point, adalah opsi untuk menentukan ketinggian Cylinder dengan menentukan 2 titik. Jarak titik pertama dan titik kedua akan menjadi nilai ketinggian Cylinder.
  • Axis Endpoint, untuk menentukan arah Cylinder dengan cara klik endpoint Cylinder di tempat yang kita inginkan.

—–

Kurang lebih seperti itu pembahasan cara menggunakan perintah Cylinder pada aplikasi AutoCAD. Jika ada pertanyaan, silakan tulis di kolom komentar.

Untuk belajar AutoCAD dengan panduan video, silakan kunjungi youtube channel Tukang Gambar.

Tinggalkan komentar

x